Transparansi adalah tugas nomor satu seorang pemimpin dalam kondisi krisis. Pemimpin harus jelas tentang apa yang ia ketahui, apa yang tidak ia ketahui, dan apa yang perlu dilakukan agar bisa menjadi lebih tahu.

Krisis tidak dapat kita hindari. Krisis sudah menjadi bagian hidup manusia dari dulu sampai hari ini. Berada dalam situasi krisis akan membuat manusia mengalami tekanan atau stress. Tinggal dalam situasi yang stress atau menekan terlalu lama dapat mengganggu kesehatan mental dan mengganggu kemampuan diri untuk bekerja secara optimal. Dalam organisasi, tugas pemimpin adalah membawa organisasi dapat keluar dari krisis. Berikut beberapa poin yang dapat pemimpin lakukan :

Jangan menyembunyikan berita buruk

Pepatah mengatakan “kita tidak dapat mengelola apa yang tidak kita ketahui. Organisasi tidak menyukai berita buruk dan akan menyembunyikannya. Tetapi pemimpin yang berani menyampaikan berita buruk di awal dan apa adanya akan membawa organisasi keluar dari krisis. Pemimpin yang kemudian menindaklanjuti berita buruk tersebut dengan komitmen untuk mengatasinya akan mendapatkan kepercayaan dari para pengikutnya. Peter Senge mengistilahkannya dengan “worse before better” effect.

Memilih keterbukaan

Organisasi yang ingin memperbaiki kinerjanya harus mendorong karyawannya untuk berbicara apa adanya tentang masalah yang ada. Tanpa keterbukaan seperti ini maka keberhasilan hanya akan menjadi ilusi. Ketidaktersediaan data mengenai masalah, membuat kita tidak tahu apa yang perlu diperbaiki. No Data, No Progress.

Menciptakan psychological safety

Transparansi atau keterbukaan tidak bisa terjadi tidak ada psychological safety (keamanan psikologis). Psychological safety adalah iklim dimana orang dapat bertanya, mengajukan keberatan, dan ide tanpa merasa takut akan diremehkan oleh orang lain. Perusahaan yang memiliki psychological safety lebih efektif dalam menghadapi tantangan

Kesimpulannya adalah butuh keberanian untuk menjadi transparan, dan butuh kebijakasanaan untuk mengambil keputusan yang tepat. Jika kita ingin orang berani mengemukakan pendapat secara jujur, maka harus dimulai dari pimpinan.

Sumber : Don’t hide bad news in time of crisis oleh Amy C. Edmondson dalam Harvard Business Review, Maret 2020

Author

Perform training need analysis Design Program Content Development Handling training implementation and training evaluation Specialties: Program Design & Content Development

Write A Comment